Cerita di balik sidang penulisan ilmiah

via malang.olx.co.id/
Sudah lama banget gak nulis blog lagi, jadi salting nih mau nulis darimana, dan gimana. Oh iya engga kerasa udah semester 6 aja gue, gak kerasa udah hampir 2 tahun sendirian aja *kemudian nangis* *gak jadi nulis*

Kali ini gue mau cerita tentang penulisan ilmiah gue, iya emang gak penting sih. Jadi gue itu kuliah di universitas gunadarma, universitas ini punya sistem yang agak unik, dimana kalo lo ngambil S1 pas di semester 6 lo akan dapet sks penulisan ilmiah. Di sks ini lo bakal menulis seperti skripsi dalam bentuk lebih sederhana tetapi mirip skripsi, nah loh. Simple nya semacem skripsinya D3. Gitu.. yah di postingan ini gue sih cuman ingin share pengalaman aja, semoga aja tulisan ini tidak bermanfaat bagi para pembaca yang ingin sidang dan memulai penulisan ilmiah. Cakep!

Yap Alhamdulillah gue dapet sidang di gelombang 1 pada tanggal 21 juni 2013, dimana gue bersyukur bisa jadi orang pertama dikelas buat sidang penulisan ilmiah ini, gak sia sia tidur pagi terus buat bikin aplikasi (gue buat aplikasi android sederhana saat itu) dan penulisan, ngejar ngejar dosen buat bimbingan percintaan. Awalnya gue pikir penulisan ilmiah itu sulit banget, ternyata huahahahahahahahaha.. sulit sekali, sulit buat mengalahkan rasa males, rasa letih dan rasa kangen.  Kenapa sih gue mau buru buru, soalnya abis sidang bukan berarti selesai loh, masih ada perjalanan panjang lagi, kaya revisi lagi, minta tanda tangan, kesana kemari lagi. Maka dari itu gue ngebut banget, sampe orang rumah aja gatau gue lagi ngerjain pi, mereka tau pas gue bilang besok sidang. Temen sekelas pun yang tau hanya 2 orang awalnya, tapi bocor jadi beberapa ada yang tau lagi. Kok basah, bocor.. bocor… *plak*

via http://lljapanese.blogspot.com

Nah pas daftar sidang hati gue gak karuan, masalahnya gue daftar dihari selasa dan sidang di hari jumat, gue belum revisi lagi penulisan gue, belum print 4 eksampler, gue belum bikin persentasi, gue belum punya pac… aduh jadi mules, bentar ya..  karna gue dapet gelombang pertama, gue bingung harus nanya sama siapa persiapan sidang, nanya dosen jawabannya gak menghasilkan apa apa.. untung gue tegar kaya rossa.. sedih gue..

Akhirnya hari H telah tiba, hati.. perasaan.. terkoyak koyak bagaikan sampah. Bukan karna apa, tapi saat itu gue ga ada temen pas menunggu sidang, mau bicara sama tembok tapi dia hanya berdiam saja.. kasian.. untungnya beberapa lama nunggu, akhirnya ketemu temen dan dapet temen juga sih, yang dengan cara sksd aja. Ternyata di gelombang satu ini banyak juga yang sudah semester 8 dengan alasan mereka tidak sempat atau ada masalah di semester 6 nya.

Yah beberapa menit menunggu akhirnya sidang gue selesai, sempet kecewa setelah sidang. Kenapa mang? Iya Disaat sidang gue ngerasa di cuekin, mungkin nilai plus buat orang lain. Buat gue engga, karna gue udah nyiapin kata kata yang bagus dan terstruktur selama beberapa hari, tapi karna dicuekin yah gue akhirnya cuek juga, salah gue sih, iya salah gue, mungkin karna faktor waktu. pas sidang gue dapet nomer terakhir gara gara absen terakhir.. sedih gue.. mungkin cerita gue sampai sini aja ya... lanjut kapan kapan lagi deh.. iya kapan kapan.. kapan?

oiya maaf ya ga ada photo gue make baju hitam - putih dan dasi, kasian takut mata lo kesemutan :(
dan gak ada juga photo photo lembaran PI, nanti kalo sempet nyusul deh.

Info saja, penulisan ilmiah ini membutuhkan waktu 2 - 3 minggu dengan 2 rim kertas, dan pengerjaan aplikasinya 2 - 3 bulan bener bener dari nol. Mungkin lo bakalan lebih cepat jika ga males malesan buat nulisnya (inget, 5 centimeter … Di depan kening kamu … ingatlah senyum ibu mu..)  dan lebih irit pemakaian kertasnya bila digunakan sebaik - baiknya yaitu jika lo salah beberapa halaman, halaman yang masih bisa dipake, pake saja, walaupun usang gpp, kecuali pas sudah sidang dan revisi. Dan ada sedikit tips ketika sidang dari gue, semoga bermanfaat ya : 

  1. Ucapkan salam, ketika lo masuk ucapkan salam dengan baik dan jangan lupa tersenyum tapi jangan juga mengedipkan mata sebelah, menandakan lo suka dia. 
  2. Jika ditanya dan salah, sering sering gunakan kata "maaf" jangan katakan "sorry coy".
  3. Percaya diri, Yakin, dan Berdoa. 

Selama lo menulis penulisan ilmiah ini sendiri dalam artian tidak dibikinin, gue yakin lo bisa menghadapi dosen penguji, yakin. ganbbate! Setelah sidang mesti gimana? nih gue kasih Tahap Setelah Sidang Penulisan Ilmiah silakan ke link ini atau link ini. :)) selamat sidang! sukses ya

Oh iya aplikasi gue, judulnya "Kuliner Depok" masih edisi percobaan, sekarang sih sudah revisi lagi aplikasinya jadi lebih bagus tapi yang revisi belum sempet di upload, jadi yang ini dulu deh hahaha

dari instagram @rayidwiky

Penasaran mau denger suara gue yang aduhay (di aplikasi ini ada suara narasi) silakan download aplikasi Kuliner Depok edisi percobaan, jangan dengerin lama lama nanti batal puasanya.
Kalo layarnya gak ada yang cocok, misal layar 4,2" bisa pakai 4,0" :))
Gimana aplikasinya? jelek ya, komentarnya ditunggu ya. 

Menurut lo apa sih aplikasi yang di butuhin buat android saat ini? 
dibalas ya di comment box!


4 komentar:

  1. Gan boleh dong minta Source Project TA Agan.... kalau boleh send ke email ane y danielsiagian42@gmail.com

    BalasHapus
  2. Bang kalo abang aja bisa lulus sidang kok ga lulus2 sih deketin cewe ?udah mau wisuda loh nih bang

    BalasHapus
  3. kubil : gak ada sks deketin cewe :(

    BalasHapus
  4. panjang juga nulisnya kak hehehe

    BalasHapus