Pengalaman membuat NPWP

Kamis 25 maret 2015, Pagi itu gue berniat untuk membuat NPWP walaupun gue sendiri belom bekerja dan mengapa harus dibuat karena NPWP sendiri salah satu syarat nantinya untuk melengkapi calon pekerja, dimana sebagai warga yang baik kita harus taat dengan pajak dan sayang sama pacar (kaya punya aja). NPWP atau Nomor pokok wajib pajak selain untuk syarat menjadi calon pekerja ternyata juga memiliki beberapa manfaat loh, seperti :

Kemudahan Pengurusan Administrasi untuk

Pengajuan Kredit Bank;
Pembuatan Rekening Koran di Bank;
Pengajuan SIUP/TDP;
Pembayaran Pajak Final (PPh Final, PPN dan BPHTB, dll);
Pembuatan Paspor;
Mengikuti lelang di instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD.
Dan lainnya.

Pagi itu sekitar jam 07.45 pagi gue berangkat dari rumah dan menuju Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pasar rebo, perlu diinget ya setiap domisili di KTP memiliki KPP tersendiri jadi ga bisa memilih sendiri. Mungkin buat kamu yang bingung bisa meluncur kesini (nunjuk kehati)
Sesampai disana tepatnya jam 08.12 gue langsung bertanya sama satpam yang siap didepan pintu utama tentang bagaimana cara membuat NPWP baru dan alurnya, perlu diketahui di jam segitu sudah banyak sekali kerumunan orang yang katanya (satpam) sedang membuat SPT (surat yang oleh Wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak) masih bingung apa itu SPT, coba baca ini

Saat bertanya pada satpam gue langsung diberikan form data diri yang nantinya akan dimasukan kedalam data NPWP, setelah dapet form gue langsung mengambil nomer antrian didepan pintu dan tidak lupa mengisinya. Tips jangan lupa bawa pulpen dan jangan mencontek data diri orang lain
Nomer antrian yang didapat berbeda antara pembuat NPWP baru dengan SPT itu jadi tenang saja akan cepat kok, saat itu gue dapet nomer B25, dan hebatnya pas ambil nomor antrian kita di foto loh terus nanti foto kita muncul di layar ketika nomer kita dipanggil (norak ya gue). Disamping itu ada sekitar 8 loket yang siap memanggil nomer antrian (banyaknya).

Setelah dipanggil nanti kita akan dijelaskan (saat itu gue dapet sama anak magang gitu, jadi gue yang banyak nanya) dan ternyata ngurus NPWP itu cepet kok dan gampang banget loh, cuman sehari hemm.. ga sampe sih, sejam malah NPWP gue sudah jadi alias online, walau kartunya belom bisa dipegang juga sih karena maksimal akan dikirim 30 hari ke alamat form yang sebelumnya di isi tadi. Gimana ? jadi alurnya adalah minta form > mengambil nomor antrian > sembari nunggu dipanggil mending isi form sama update sosmed > dipanggil, dijelasin dan jadi deh. Simple bukan?

Sekian pengalaman ga penting gue, selanjutnya gue akan bagi pengalaman pertama kerja. So, jangan bookmarks blog dan jangan dibaca lagi ya.

Psstt denger denger bikin NPWP bisa online juga loh, coba baca disini (nunjuk hati lagi)



5 komentar:

  1. buat npwp lewat online http://adf.ly/1aoWQ3. daftar akun> login> permohonan>pendafataran npwp>minta token>masukan token dari email>kirim permohonan...tinggal nunggu di rumah diantarin tukang pos, beres....

    BalasHapus
  2. Mas maaf mau tanya, saya sudah bikin NPWP online nah tapi syaratnya saya salah pencet saya pilih yg manual, untuk itu saya harus kirim sendiri syaratnya. Saya mau tanya syaratnya itu hanya KTP saja kah?

    BalasHapus
  3. Mas maaf mau tanya, saya sudah bikin NPWP online nah tapi syaratnya saya salah pencet saya pilih yg manual, untuk itu saya harus kirim sendiri syaratnya. Saya mau tanya syaratnya itu hanya KTP saja kah?

    BalasHapus
  4. Pak saya kan bikin NPWP online tapi saat di persyaratan saya salah pilih, saya pilih yg manual, nah itu kalau manual syaratnya hanya KTP atau masih ada lagi?
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Pak saya kan bikin NPWP online tapi saat di persyaratan saya salah pilih, saya pilih yg manual, nah itu kalau manual syaratnya hanya KTP atau masih ada lagi?
    Terimakasih

    BalasHapus