Review USB OTG – Makcomblang si smartphone dengan flashdisk, joystick, keyboard, mouse dll

Kartu penyimpanan (micro sd) kamu penuh? Tapi sayang mesti buang yang lama dan beli yang baru (untuk space yang lebih gede) atau mau main game dengan joystick di smartphone? Atau mau ngetik panjang di smatphone? Tenang om jin bakal kasih kamu solusinya~ cling- USB OTG.

Apa tuh om jin? ehem jadi usb otg adalah konverter mico usb (itu loh colokan di smatphone yang buat charger) sama port usb female (itu tuh yang bisa dimasukin sama flashdisk, joystick, keyboard, mouse dan semua yang memiliki port usb*)

Kali ini saya akan review barang ajaib ini untuk kita test kehebatannya, penasaran? Sama! oiya kali ini saya review versi smartphone android ya. Soalnya belom punya gadget apple :p

Kemasan
Harganya yang sangat sangaaaat murah membuat kemasan dari usb otg ini tidak ada yang spesial, (saya beli 15ribu dikaskus --> http://kask.us/hVfIq saat ini termurah dari yang lain) hanya berisi kabel otg dan plastik yang rapet dengan tutup seperti obat (entah sudah review ketiga saya sebut ini terus).




USB OTG
USB OTG nya sendiri memiliki panjang sekitar 16,5cm (dengan port), memang sedikit pendek tapi pas jika dibawa dan dipasangkan dengan flashdisk. Kalau saya pegang bahannya sama dengan kabel chargeran merk samsung/bb (yang versi hitam mengkilap ya). Untuk mengetahui apa kelebihan si kecil ini kita lihat di uji coba.



Uji Coba
Sebelum uji coba, saya cek dulu gadgetnya apakah sudah support atau belom dengan kabel OTG, dengan download aplikasi "USB host diagnotic" atau bisa search "OTG" di playstore. Saat ini banyak sekali aplikasi yang serupa tapi fungsinya sama.

Untuk percobaaan kali ini saya menggunakan LG G3 dimana percobaan pertama saya memasukan flashdisk lalu di ikuti dengan mouse, keyboard. Untuk joysticknya nanti update ya, soalnya joystick saya rusak euy :(.

Sebelumnya saya menggunakan flashdisk sandisk 16gb, saat flashdisk dimasukan akan keluar logo di statusbar, dan tulisan USB storage connection. dimana kita bisa liat data si flashdisk di file manager lalu USB storage.


storage berubah jadi 26.15gb, aslinya 10-11gb (LG G3 versi 16gb)
tara~ ada USB storage (flashdisk yang dimasukan)

Untuk percobaan selanjutnya saya menggunakan mouse logitech versi b100, setelah disambungkan dengan otg hasilnya akan muncul ikon mouse di status bar dan icon mouse dilayar (berasa pakai notebook loh).



Percobaan terakhir yaitu dengan keyboard merk B-SAVE Extron, sesudah disambungkan dia akan memunculkan logo mouse dan keyboard di statusbar loh. Karena eh karena keyboard dapat menjalankan fungsi mouse, saya pakai versi multimedia untuk keyboardnya :p


Setelah selesai menggunakan flashdisk/keyboard/mouse/joystick sobat jangan lupa tap tampilan di statusbar nya ya agar tidak lagi terkoneksi dengan smartphone kesayangan. Sama halnya seperti mematikan koneksi flashdisk di pc/notebook, agar device juga flashdisk dsb bisa bertahan lebih awet untuk digunakan kemudian hari.

Kesimpulan
Dengan kabel OTG ini kita tidak usah lagi mencolokan gadget dengan pc/notebook untuk memindahi film dan lainnya.

Kini dengan adanya kabel OTG tinggal colok flashdisk maka dibaca sama gadget, selain itu kita bisa menulis panjang lebar dengan cepat dengan bantuan keyboard, buat sobat yang malas megang hp bisa pakai mouse dan dikombinasikan sama lazypod, atau mau main game berasa di ps/xbox dengan gadget kesayanganmu atauuuu yang paling keren buat saya si otg ini bisa juga live view (setting) kamera dslrmu dengan gadget (baca ini atau tutorialnya disini). Dilihat dari semua sisi sepertinya kamu wajib punya satu barang ini deh, kenapa saya bilang gitu karena ...

Kelebihan :
* Harganya cuman 15ribu loh --->  http://kask.us/hVfIq toko termurah yang saat ini yang saya temui
* Fungsinya banyak banget, pusing pala princeee

Kekurangan :
* 1 OTG colokannya lebih banyak/universal (bisa buat semua produk apple dan tablet). Saat ini belum ada kayanya :p
* Tidak bisa mengkonversi isi hati saya ke dia ;(

Kayanya segitu dulu kali ya, lain waktu kita bahas lebih panjang lagi yo... kalo ada pertanyaan silakan isi komentarmu dibawah. Mudahan mudahan saya masih bisa review barang lain lagi, doakan banyak rejeki ya.

salam hangat,
mas nanang


4 komentar:

  1. halo mas, saya kesasar ke 95,684
    infonya sangat berguna.
    kebetulan karna lagi cari2 gejet baru tau ada yg namanya USB OTG.
    usb host dan usb otg itu sama ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jawaban dari tabloid pulsa.
      Perbedaan USB Host dengan OTG. USB Host ditujukan untuk fitur dimana perangkat mampu mengenali semua perangkat USB, baik itu flash drive maupun keyboard usb dan perangkat usb lain. Tidak terkecuali modem, jika memang softwarenya memungkinkan. Artinya protokol yang dibawa merupakan protokol HOST alias inang yang lebih luas. Sementara OTG ditujukan bagi protokol USB yang terbatas. Biasanya perangkat kita hanya bisa digunakan sebagai card reader, semisal untuk membuka hasil foto dari kamera DSLR atau flash disk. Protokolnya terbatas. Memang dalam keperluan sehari-hari keduanya saling rancu. Bisa saling melengkapi atau juga membedakan sejauh apa protokol USB nya bisa digunakan. Yang pasti keduanya membutuhkan adapter dan trigger khusus berupa software yang sudah terinstal di dalamnya.



      kalo menurut ane USB host adalah dimana smartphone bertindak jadi HOST, sedangkan USB OTG adalah perangkat/ sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat baik smatphone / ponsel maupun tablet dengan Flashdisk atau perangkat / media lainnya. Jadi Smartphonenya USB HOST, USB OTG perangkatnya. CMIIW

      Hapus
  2. Gan mau nanya ni, saya punya gadged yg sudah usb host tapi saya colokin di cartrider kok gak bisa konek ya, yg salah apaya itu.terimakasih

    BalasHapus
  3. gan kalo si otg ini disambungin ke terminal usb itu bisa gak ya? kalo bisa kuat berapa perangkat untuk 1 hp ya kira kira?

    BalasHapus