Android One, Si Lollipop 5.1 pertama di dunia (Review)

via android.com/one
Disaat Samsung, LG, Sony, Xiaomi, Lenovo, OPPO dan lainnya sedang bersaing di segmen high end , disisi lain Google sang pemilik android kali ini membidik di segmen low end dengan menghadirkan projek Android One di Indonesia yang membawa os 5.1 lollipop pertama didunia. Tidak tanggung tanggung Google menggandeng 3 brand lokal (saya sih ga yakin lokal hehehe) yaitu Nexian, Mito dan Evercoss. Android One ini mengklaim mendapat pembaruan otomatis selama 2 tahun langsung dari google selain itu Google telah menguji Android One untuk memastikan tetap memiliki performa cepat dan responsif, dari kini hingga nanti. Yang membuat saya ingin membeli Android One tidak lain dan tidak bukan adalah sistem operasi lollipop 5.1, nexus sendiri belom mendapatkan updatenya loh, selain itu harganya dibanderol hanya 999rb. Superb!

Dilihat dari harganya yang hanya 999rb saya sempat tidak percaya bagaimana dengan kekuatan dan kehebatan si Android One ini. Diantara Evercoss One X, Mito Impact dan Nexian Journey saya memilih untuk pre order Nexian journey one karena service center yang dekat dengan rumah dan menurut saya paling keren body nya (opini saja sih) kalau masalah hardware ketiga vendor itu sama semua kok. Seperti :

  • Layar 4.5" FWVGA
  • Cortex A7 1.3 GHz Quad-Core processor
  • 1GB RAM
  • Penyimpanan 8 GB (dapat ditingkatkan sampai 32 GB)
  • Dual micro SIM
  • Kamera depan dan belakang (2MP dan 5 MP)
  • Lithium-ion dapat diisi ulang, 1700mAh
  • Android™ Lollipop (dan mendapatkan versi baru segera setelah dirilis)

Diatas kertas sih masih kurang ya dengan spesifikasi tersebut tapi tunggu dulu, Google mengklaim kalau Android One bukan lagi bicara spesifikasi, melainkan menjual software experience. Bagaimana penggunaan nyata pada smartphone ini, mari kita uji coba :

Package

Diantara ketiga Android one yang diperkenalkan di Indonesia, Nexian memiliki box yang terbaik menurut saya. Pada bagian depan ada angka 1 (gambar smartphone) yang bisa kita lihat dan jika dibalik jadi huruf L yang artinya Lollipop sedangkan disisi belakang berisi spesifikasi dari smartphone tersebut.



Didalam box terdapat smartphone Android One + Baterai 1700mah + kabel usb + kepala charger + Headset, karena saya membeli dengan sistem pre order maka saya juga mendapat bonus voucher traveloka 50rb* + perdana simpati free 2.5gb + voucher tokopedia 50rb* dan stiker + voucher blanja 75rb* + sd card 8gb bcare class 6 + anti gores. Bonus yang diberikan setiap online shop pastinya akan berbeda, saya melakukan pembelian di blanja.com dan beruntungnya saya menjadi 100 pembeli pertama jadi mendapat tambahan cash back 100rb + 50rb. Senangnya. Oiya btw saya sudah pasang anti goresnya tapi smartphone saya sekarang jadi keset bingit, semoga aja ada tempered glass/ anti glare.



Desain
Dari segi desain Nexian memiliki led notifikasi, kamera depan 2mp dan speaker telepon dibagian depan, dibagian belakang tentu saja ada kamera 5mp, flash, logo nexian, logo Android One dan tentu speaker untuk multimedia. Yang saya suka dari Nexian Journey One pada bagian belakang memiliki bahan doff, serasa memegang Nexus 5 loh. Sayang dibagian belakang kameranya menonjol sedikiiit.


Display
Walau hanya memiliki resolusi 854x480 dan bentangan layar 4.5' tidak membuat Android One ini tak enak dipandang, pasalnya dengan OS Lollipop 5.1 membuat display enak dipandang apalagi jika ditambahkan Adaptive brigthness. Selain itu ada fitur Daydream dan Cast screen.

FYI :
Android Daydream fitur adalah "interaktif screensaver mode" yang dapat secara otomatis ketika perangkat berlabuh atau pengisian, menjaga layar Anda dan menampilkan informasi. Modus Daydream dapat memberikan perangkat Anda informasi selalu pada layar. via yac.mx

Cast screen adalah fitur untuk menghubungkan android dengan layar tv melalui wifi. via support.google.com


User Interface
Dengan pure Android jangan harap kamu menemukan aplikasi gallery, file manager dan lainnya karena aplikasi yang didapat hanya aplikasi google + bbm, nexian (langsung saya disable ;p) dan opera mini (pada Android One nexian). Tampilan pada lollipop sendiri lebih fresh dibanding kitkat dan banyak sekali efek baru yang tidak ditemui di os sebelumnya.



Kamera
Entah mengapa ini yang paling saya tidak sukai dari smartphone ini, yap kualitas yang buruk menurut saya saat pertama mencobanya. Mungkin langsung lihat saja hasil komparasi saya dengan G3 (walau ga seimbang :p)

Jika saya menggunakan flash hasilnya akan kebakar alias putih semua ;p
Saya mengambil sekitar jam 1-2an ketika matahari sedang terik teriknya, dan ini mungkin bugs dari Lollipop 5.1 atau hardware. Tapi saya bisa mengatasinya dengan mengurangi exposure -0.5 atau -1 tergantung suasana, saya menggunakan aplikasi ketiga (saya menggunakan camera fv-5). Jadi masalah kamera selesai :)) (update 28-06-2015, setelah update ke android 5.1.1 kamera berjalan dengan baik tanpa over exposure lagi, good job Google)

Setelah exposure diturunkan (kamera belakang outdoor)
Setelah exposure diturunkan (kamera belakang indoor dengan flash) aman gan



Kinerja
Android One membawa spesifikasi yang tidak terlalu baik dengan membawa prosesor mediatek tetapi spekulasi saya salah, dimana mediatek sekarang sudah "berubah" dan tidak bisa dianggap remeh. berikut penilaian menurut Antutu Benchmark v5.6.1. Saya mencoba untuk game ASPHALT 8 dan GTA SA tidak ada lag sedikitpun bahkan saya mencoba keduanya berbarengan.


Untuk ketahanan baterai Android One (Nexian) mendapat skor 4621 mengalahkan Nexus 5. Beberapa hari yang lalu (charging ke 3) smartphone ini dimulai dari jam 9 sampai jam 6 sore dengan penggunaan data aktif, internet berkisar 1 jam (sosmed hanya path, sisanya chrome), test camera 20 menit, bermain game GTA SA dan ASPHALT 8 45 menit, kurang lebihnya seperti itu. Menurut saya sudah sangat baik untuk batere 1700mah.
Saya sempat tidak yakin dengan mediatek untuk masalah lock gps tapi sekali lagi dengan Android One keyakinan saya terbantahkan. Locknya cepat sekali, pada percobaan saya menggunakan aplikasi gps test tanpa menggunakan internet dalam waktu beberapa detik langsung lock dengan akurasi 10feet. superb Android One. Test dijalan pun saya lalui dari cibubur - sudirman, akurasinya tepat sekali.


Multimedia
Pada pemutar musik hanya disediakan Google play music tetapi jangan khawatir dengan suaranya, karena Google play music sudah menyediakan Equalizer yang berkualitas. Sayangnya kualitas dari equalizer tidak dibarengi dengan headset yang didapat, yap headsetnya terlalu biasa saja. Tidak percaya dengan kualitas nya coba baca review di sobathape. Untuk video tidak ada pemutar video kamu bisa download aplikasi di playstore (saya memakai QuickPic).


Kesimpulan
Google lagi lagi berhasil membuat gebrakan dengan projek ini, yang membuat saya menyukai projek ini adalah sebuah eksklusivitas tersendiri karena dipegang sepenuhnya oleh Google. Update ponsel Android One akan disediakan langsung oleh Google. Jadi seperti Nexus, hanya saja dengan banderol yang jauh lebih murah. Mengingat harganya yang bisa dibilang murah ponsel Android One memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri loh.

Kekurangan yang saat ini terlihat bagi saya seperti
- Kameranya yang biasa saja
- Baterai yang kurang besar (padahal ada Fitur menghemat baterai dapat memperpanjang penggunaan sampai 90 menit)
- Kepala Charger, Kabel usb, Headset yang biasa saja
- Tidak ada dukungan OTG
- Game dan aplikasi bahkan google camera tidak dapat disimpan di sd card (Fix, harus root)
- Asesorisnya (case, anti gores) sedikit sulit (fix, sudah tersedia di toko online)
- Silakan tambahkan di komen ...

Kelebihan dari Android One
+ Harga yang super murah dengan spek yang lumayan
+ Garansi 2 tahun update OS langsung dari Google
+ OS terbaru (walau masih ada bug)
+ Tidak ada bloatwear
+ Responsif dan mampu bermain game berat
+ Silakan tambahkan di komen ...

Jika anda ingin membeli smartphone Android pertama kali, budget sedikit, tidak memikirkan merk, suka oprek, untuk social media saja atau hanya untuk secondary phone sepertinya Android One cocok untuk anda

Tetapi

Jika anda suka fotografi, mementingkan merk dan service center terbaik, budget tidak terbatas, gamers kelas berat, traveling (butuh batere super power tanpa power bank) sepertinya Android One tidak cocok untuk anda, kamu bisa ambil smartphone lain.

Ada harga ada rupa, tapi di Android One sepertinya sedikit terbantahkan

Ini adalah review pertama saya tentang smartphone Android jika masih banyak kekurangan mohon dimaafkan (harus), jika kelebihan ambil saja kembaliannya. terimakasih.

Yang suka oprek XDA sudah ada gan. sedap ya.  Tenang di Kaskus juga ada gan
Pengen tahu perbandingan Android One dari Nexian, Mito dan Evercoss baca saja jagatreview
Mau lihat test game di Android One lebih banyak cek youtube JagatReviewTV


Nb. Ada hal Lucu dari Nexian Journey One ini, yaitu pada plastik pembungkusnya yang masih tertulis menggunakan OS 4.4 Kitkat hehehe


A video posted by rayi dwiky putra (@rayidwiky) on



5 komentar:

  1. tadi browsing2 ada info nexian, evercross android one ini aslinya yg proyek android one di india itu gan. nexian itu dari brand Spice, tahu deh benar apa nggak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap bener banget Nexian = Spice India. saya juga dapet dari Teknoup, dan GSMArena

      awalnya ngebandingin desain
      Nexian Journey One = Spice Dream Uno (India) --> Sama
      Evercoss One X = Karbonn Sparkle V (India) --> Sama
      Mito Impact + Micromax Canvas A1 (India) --> Beda

      Hapus
  2. Nice review gans..

    Btw ada referensi tempered glass buat si nexi ga gans? hehe

    Salam kenal.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih gan

      buat di Indonesia sih belom ada gan, semoga aja cepet dateng ya.
      bisa beli di Ebay India dan Flipkart

      Salam kenal juga gan. tos!

      Hapus
  3. saya baru beli android one dari evercross dan bundling dengan kartu SIMPATI, tapi kok sinyal SIMPATI - nya selalu tanda seru! tidak bisa proses. padahal saya juga baru mengisi paket TAU nya yg 2GB 95.000
    mungkin ada yang bisa membantu saya (iyan_unj99@yahoo.com) mencari solusi nya. trima kasih om om dan tante sekalian seblmnya.

    BalasHapus