Review Xiaomi Mi Band

Bukannya mau review nama band atau batu giok dari tiongkok, tapi kali ini saya akan mereview gelang yang sedang kekinian dari Xiaomi, yaitu Mi Band. jeng jeng!

Xiaomi Mi Band adalah gelang kesehatan yang dapat mengetahui berapa langkah dan kualitas tidur si pemakai. Fitur tambahan lainnya adanya notifikasi telepon, alarm dan dapat melakukan penghitungan sit up maupun jumping rope. Kita dapat membuat target melangkah dalam sehari, nantinya ada notifikasi melalui getar dan lampu yang berkedip dari Mi Band, jika target sudah mencapai 1/3, 2/3 dan target tercapai.

Isi Box
Didalam kemasan Xiaomi Miband terdapat charger khusus, gelang, buku buku kitab alias user manual, dan inti Mi Band. Kemasannya begitu terlihat sangat premium (menurut saya) sama seperti kardus produk Xiaomi lainnya. Dibelakang box terdapat spesifikasinya seperti IP67 (Tahan Air & debu), menggunakan batere 41 mah, mendukung koneksi bluetooth 4.0 (hemat batere).




Desain
Dari sisi desain xiaomi miband sangat sederhana dengan tambahan gelang berwarna hitam didalam box (tersedia warna gelang lain juga, tetapi yang resmi belom tersedia di indonesia) membuat pemakai akan cocok menggunakannya disetiap saat.

Selain itu inti Mi Band ini diklaim sudah anti air dan anti debu IP67 juga anti alergi (gelang) dimana bisa digunakan untuk hampir semua orang. Bagaimana dengan fitur yang diberikan?



Fitur
Yap xiaomi mi band menurut pemakaian saya selama sebulan ini banyak sekali fitur yang berguna selain bisa memonitoring langkah dan kualitas tidur. Fitur yang membuat saya senang adalah adanya notifikasi alarm yang bergetar. Saya adalah sang pemimpi alias susah bangun tidur, dengan adanya notifikasi ini membantu agar saya bisa tepat waktu saat bangun tidur. Perlu diingat Mi Band diharuskan terkoneksi dengan Mi Fit di Playstore, untuk terkoneksi dibutuhkan bluetooth. Jadi smartphonemu mesti aktif terus bluetooth nya. Boros dong? Tidak, karena Mi Band sudah memakai bluetooth V4 yang diklaim lebih sedikit memakan batere.

Ketika Mi Band tersambung  aplikasi Mi Fit
Selain itu, jika Smartphone kamu memakai Android 4.4 atau lebih tinggi bisa menggunakan fitur SmartUnlock dimana jika kamu memakai Mi Band kamu dapat membuka smartphone tetapi jika Mi Band dijauhkan maka smartphone kamu kekunci. Asik kan!

Fitur Official Mi Fit di playstore
Jika kamu membutuhkan tambahan notifikasi yang lebih banyak, seperti bbm, wa, sms dan socmed lainnya kamu bisa memakai aplikasi Mi Fit tweaked yang bisa diambil di sini.

Harga
Gak sangka dengan fitur lumayan bermanfaat hanya dibanderol 225.000 saja, yang didapat melalui situs resmi mi.com dan pastinya bergaransi 6 bulan secara resmi. Kebetulan saya mendapatkan undangan pertama launch penjualan melalui situs buy.mi.com/id/ (walau harus beli juga) mungkin nantinya flash sale xiaomi tidak akan hadir lagi di lazada tetapi langsung melalui situs resmi nya. Mungkin. 


Kesimpulan.
Ekspektasi saya sangat tinggi akan Xiaomi Mi band ini tetapi setiap kelebihan pasti akan dibarengi kekurangan, jika saya jabarkan kekurangan dan kelebihan akan seperti ini.

Kelebihan :
- Harga sangat murah jika dibanding dengan merk lain
- Ringan, saya berasa tidak menggunakan gelang kesehatan
- Anti air dan debu
- Banyaknya fitur selain memonitoring kesehatan (notifikasi)
- Batere sangat awet (sebulan saya belom charger loh)
- Dapat digunakan untuk handphone non Xiaomi (saya memakai Android One) Apple pun bisa

Kekurangan :
- Sedikit susah masuk Mi Fit melalui aplikasi  
- Tidak dapat memonitoring tidur siang/sore
- Setelah pemakaian sebulan, gelang mengalami banyak luka (wajar karena berbahan silikon, tetapi tidak begitu terlihat)

Secara garis besar kekurangan diakibatkan aplikasi dan server yang mungkin dipengembangannya akan bisa diatasi. Jika kamu adalah orang yang aktif dan ingin mengubah hidup menjadi lebih baik Xiaomi Mi band cocok dengan kamu, mengingat harganya jauh lebih murah dibanding gelang kesehatan lainnya. Gimana? Pengen beli? Buruan deh.

Permen lollipop memang manis tetapi coklat Kitkat lebih renyah
Sekian dulu ya sob, sampai ketemu di review selanjutnyiaaa...

Kualitas tidur saya semalam
Lebih detail kualitas tidur saya

Langkah saya sehari, target cuman 4000




5 komentar:

  1. makasih review.. ada rencana mau beli juga nih, demi hidup yg lbh sehat :D

    BalasHapus
  2. pernah buat sepedaan om? nais inpoh om

    BalasHapus
  3. Bagi anda yg susah buat akun mi fit ini solusi nya dan saya sudah coba ternyata bisa semoga anda beruntung. https://matriphe.com/2014/10/08/cara-membuat-akun-mi-mi-cloud-mitalk.html

    BalasHapus
  4. Kenapa punya saya MI BAND2 nya ga bisa di pasng lagi karna di layar muncul gelang telah dipasangkan dgn orang lain. Minta mereka utk lepas dan coba lagi... minta pencerahannya agar bisa dipakai lagi... padahal sebelumya gak pernah di pasang di orang lain...

    BalasHapus
  5. Sekarang udah muncul mi band 2 om. Lebih canggih dari versi sebelumnya. Batre juga lebih awet. 2 minggu baru abis.

    Kelebihan dan kekurangan mi band 2

    BalasHapus