Resume : Proses yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan adalah menentukan suatu jalan keluar dari suatu permasalahan dengan kata lain menentukan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang mungkin dilakukan untuk memecahkan masalah yang sedang dihapadi oleh organisasi itu.

Dari keputusan sendiri dibagi menjadi beberapa seperti :

1.Keputusan strategis, yaitu keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dari suatu organisasi;
2.Keputusan taktis, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen menengah;
3.Keputusan operasional, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen bawah.

Proses pengambilan keputusan dalam berorganisasi juga dibagi menjadi 4 metode yaitu

1.) authority rule without discussion(kewenangan tanpa diskusi), dimana metode ini seringkali digunakan oleh para pemimpin dan memiliki keuntungan yang cepat dalam arti ketika organisasi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk memutuskan keputusan.

2.)Expert Opinion(pendapat ahli),metode ini akan bekerja dengan baik, apabila seorang anggota yang dianggap ahli memang benar-benar tidak diragukan lagi kemampuannya dalam hal tertentu oleh anggota organisasi itu.

3.) Authority Rule After Discussion(Kewenangan setelah diskusi) ,metode ini akan meningkatkan kualitas dan tanggung jawab para anggotanya,maksudnya pendapat dari anggota sangat diperhatikan dalam proses pembuatan keputusan, namun perilaku pemimpin dan kelompok masih berpengaruh.

4.) Consensus(Kesepekatan), metode yang terakhir ini memiliki keuntungan yaitu partisipasi penuh dari seluruh anggota akan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang diambil, seperti tanggung jawab para anggota dalam mendukung keputusan tersebut.

Menurut saya keputusan sangatlah penting, dimana setiap organisasi harus memiliki keputusan untuk memilih hak dan kewajibannya, seperti contoh real yang dibahas oleh ibu ira, dimana ada costumer service harus mengambil keputusan untuk consumer yang tidak sabaran, dan ingin segera diselesaikan masalahnya, bila costumer service menunggu atau meminta keputusan atasannya consumen pun akan tambah marah, maka costumer service harus bisa mengambil keputusan yang paling baik, karna sebelumnya ia juga diberi peraturan dimana keputusan itu harus bisa dipertanggung jawabkan nantinya

Jadi keputusan adalah hal mutlak untuk sebuah organisasi

Nama : Rayi Dwiky Putra
Kelas : 2KA20
NPM : 15110687


0 komentar:

Posting Komentar